Pages

Wow, masih bayi tapi sudah bisa berenang

Baby swim atau Bayi berenang, mungkin bnyak di antara kita yang ketika mendengar kata tersebut sontak kaget atau langsung berkomentar "kog bisa? " atau "kan masih bayi,mana mungkin bsa berenang? ". Namun faktanya bahwa bayi yang masih berumur 3bln keatas sudah bisa di ajarkan berenang.
Hasil penelitian di Melbourne, Australia, menunjukkan, secara statistik IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tak diajkarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Anak-anak tersebut diukut IQ-nya ketika mereka berusia 10 tahun. Tidak hanya itu, pertumbuhan fisik, emosional dan sosialnya pun lebih baik.

Dalam penelitian yang lain juga menunjukkan bahwa, bayi lebih gampang diajarkan berenang dibandingkan orang dewasa, hal ini disebabkan karena bayi tidak memiliki faktor-X misalnya bahaya. Lagipula bayi juga menyukai air sehingga ia pun suka di ajak berenang. Nah , hal ini yang membuat bayi mudah untuk belajar berenang.

Menurut Dr.Karel Staa , bayi baru lahir hingga usia 3 bulan bisa langsung nyemplung ke dalam air tanpa takut tenggelam, karena pada usia tersebut , ia memiliki refleks melangkah yang banyak keginaannya untuk berenang. "Refleks melangkah merupakan salah satu refleks yang menyertai bayi seperti halnya refleks menggenggam dan reffleks berjalan.

Apalagi sebenarnya sejak dalam kandungan, bayi juga sudah berenang dalam air ketuban selama 9 bulan. Setelah bayi tersebut lahir, kemampuan berenangnya tinggal di tingkatkan saja. Bahkan saat ini telah populer proses melahirkan di dalam air. Secara medis proses ini merupakan proses alami, Jadi masih ragukah anda untuk membawa si "kecil" berenang ?



Sumber

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010. Blogger templates by Bloggermint